Kamis, 23 Februari 2017

Asyiknya Bermain di Waduk Bercak Asri Cermee

Bisa Jadi Solusi Irigasi, KOlam Pancing Plus Wisata

CERMEE ternyata tak hanya mempunyai Solor dengan bebatuan susunya. Lebih dalam lagi melancong ke Cermee ada keasyikan anak-anak bermain air di waduk.(WAWAN DWI SISWANTO)


DESA Bercak Asri, Cermee tak semua orang paham. Namun belakangan ini Bercak Asri kian sering dikunjungi para pejabat tingkat provinsi karena ada penilaian lomba pengairan. Bagi orang yang pertama datang, Bercak Asri sebuah waduk tentu jadi perhatian mereka.

Segar, adem, dan semilir angin bersantai-santai di bawah rindangnya pepohonan dengan pemandangan waduk. Menuju waduk tersenut mudah-mudah gampang. Sesampainya di Cermee, tinggal tanyakan pasar Bercak Asri. Setelah sampai pasar desa itu, tanya lagi ke warga di mana letak waduk. "satu kilometer lagi ada waduk pinggir jalan nanti," ucap warga sekitar pasar Bercak Asri.


Teknik matahari siang hari akan terlunasi jika sampai disekitar waduk. Pohon trembesi yang tumbuh di sekitar waduk membuat siapa saja akan beristirahat di sana sambil menikmati pemandangan waduk. Di sudut waduk juga terlihat belasan anak kecil mandi di waduk. Ada yang loncat hingga salto, ada pula yang bermain perahu-perahuan dengan ban dalam mobil.

Di sisi lain para orang tua terlihat duduk santai sambil memantau anak-anaknya yang bermain air di waduk. Ada pula pria dewasa ditemani segelas kopi yang asyik memancing. Pemandangan ini pun tak semua ada di kota ataupun di desa. Sebuah waduk bisa jadi solusi masyarakat berkumpul, refresing pluss mendapatkan ikan untuk dimasak dirumah.

Tempat Alami Pembenihan Ikan

Mahasiswa Unej yang menjalani KKN Cermee pun mengabadikan momen anak-anak kecil itu baik dari kamera atau kamera posel. "Kalau di fotografi aktifitas anak-anak pedesaan bermain air di waduk menarik. Apalagi tak semua tempat punya waduk," ucap Ima, mahasiswi dari Ekonomi Unej ini.

Kadis pengairan Bondowoso Karna Suswandi menjelaskan waduk yang berada di Desa Bercak Asri fungsinya utama adalah untuk menyimpan air. Sehingga, jika musim kemarau datang air yang berada di waduk tersebut bisa mengaliri saluran irigasi kesejumlah lahan pertanian. "jadi waduk bisa menjawab kebutuhan air di lahan pertanian," jelasnya.

Nyatanya fungsi waduk makin berkembang untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. Tak lagi berbicara irigasi, tapi juga untuk sarana refresing warga. Bahkan juga membantu keseimbangan ekosistem, dimana secara alami ada pembenihan ikan. Tak salah setiap ada waduk, ikan itu banyak dan masyarakat memanfaatkan itu untuk memancing sehingga dapat memenuhi kebutuhan lauk pauk keluarganya.

Sementara Abdurrahman warga Bercak Asri mengaku waduk sering dibuat masyarakar beristirahat. Jika sore tiba, mulai datang anak muda menghabiskan waktunya ke waduk." Ada yang foto-foto, atau duduk-duduk saja," katanya. (wah)


Sumber: Jawa Pos Radar Ijen,05 Agustus 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar